Resep Membuat Ikan Sambal Cabai Hijau


resep-ikan-sambal-cabai-hijau

 Resep Membuat Ikan Sambal Cabai Hijau


Hai buntik,, buat para buntik penggemar masakan padang  pasti sudah tidak asing lagi dengan nama sambal cabai hijau yang rasanya ini begitu  khas dan nikmat. Campuran sambal cabai hijau, nasi hangat, daun singkong rebus, serta rendang merupakan  hidangan yang dapat membuat para buntik  terlena dan tidak  beranjak sampai suapan terakhir habis. Sambal adalah saus dengan bahan utamanya  yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambahkan dengan  bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.
Sambal ini  merupakan salah satu unsur khas hidangan  dari Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur.
Nah seperti dikatakan tadi buntik biasanya kan sambal hijau ini dipadukannya dengan rendang,dan di kesempatan kali ini saya akan membuat Ikan Sambal Cabai Hijau.emh,,dari namanya saja sudah tahu rasanya pasti pedes nendang dan maknyoss lho buntik. Kebetulan dapat kiriman ikan gurame dari bapak ,hee dan ikan gurame ini adalah makanan kesukaan saya buntik. Ga kerasa uda mulai sore bentar lagi suami pulang buntik,,saya mau menyiapakan makanan buat suami tercinta,sudah pasti rasanya bikin ketagihan suami.buntik juga bisa membuatnya dirumah ga perlu ribet dan mudah ko.
Bahan-bahannya pun sudah pasti tentu ada di pasar atau diwarung.Mari buntik simak resep dibawah ya.

Bahan-Bahan Ikan Sambil Hijau :

  1. 600 gram ikan gurame/kakap
  2. 1 potong lengkuas  3 cm
  3. 50 ml air jeruk
  4. 1 buah tomat dibagi menjadi 12 bagian
  5. Bumbu Yang Dihaluskan :
  6. 25 buah cabai hijau
  7. 9 siung bawang merah
  8. 1 potong jahe  3 cm
  9. 150 ml minyak goreng
  10. Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Ikan Sambal Cabai Hijau :

  • Lumuri ikan dengan air asam dan garam,kemudian goreng sampai matang.
  • Tumis bumbu yang dihaluskan bersama lengkuas sampai benar-benar harum.
  • Kemudian masukkan tomat tumis lagi sampai layu dan masukkan juga air jeruk dan ikan goreng,ditumis lagi sampai bumbu merata di permukaan ikan
  • Angkat,hidangkan dalam keadaan panas-panas.
  • Bagaimana nih buntik?mudah dan ga bikin ribetkan?
Selamat Mencoba buntik.

No comments