Resep Ayam Bumbu Bali Pedas

 
Resep-Ayam-Bumbu-Bali-Pedas

Resep Ayam Bumbu Bali Pedas

Dari semua bahan makanan yang ada, ayam merupakan  salah satu bahan makanan  yang disenangi banyak orang. Makanya, panduan Resep ayam bumbu bali pedas  ini diperuntukkan buat bunda semua yang cinta dengan kuliner berbahan dasar ayam. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupaka  salah satu surganya aneka kuliner enak dan udah banyak negara negara tetangga yang mengakuinya, itu karena negara kita menjadi salah satu penghasil rempah-rempah terbaik yang sudah terkenal  sejak zaman penjajahan dulu, ini pula yang menjadikan  Indonesia dijajah oleh Belanda waktu itu. Resep masakan berbahan dasar  ayam sebenarnya banyak, seperti kari ayam, ayam rica-rica dan selainnya, tapi khusus resep ayam bumbu bali pedas ini ialah merupakansalah satu makanan berbahan dasar ayam  yang paling banyak disukai orang sehingga perlu kiranya kita berbagi cara membuat dan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan makanan enak layaknya hidangan restoran berbintang. Dikatakan ‘bumbu bali’ karena bahan yang dipakai dalam cara pengolahannya memakai  racikan khas yang biasa dibuat oleh warga ‘Pulau Seribu Candi’ tersebut.
Yang khas dari masakan ayam bumbu bali ini adalah rasanya yang pedas yang  tampak jelas banyak orang sangat menikmati  ketika memakannya. Ini bisa terlihat dari keringat yang bercucuran beberapa saat setelah menyantapnya. Tapi bukan cuma pedas saja, rasa ayamnya yang enak dan empuk menambah juga kekhasan dari makanan berbahan ayam ini. Hanya saja kalau ada anggota keluarga yang tidak suka dengan rasa pedasnya bisa diganti atau dikurangi  dengan cara memperbanyak campuran saus tomatnya saja. Ciri lainnya dari ayam bumbu bali ini ialah dimana ia tampak berkuah tapi dengan kuah yang sangat kental dan berwarna merah kecoklatan. Rasa dan aroma dari kuanya saja bisa bikin kita ketagihan, apalagi jika disantap dengan nasi yang masih panas dan pulen.
Udah ga sabar ni pengen tau cara pengolahan dan bahan bahanya??langsung saja bunda bisa lihat cara dan bahan bahannya di bawah ini . . .
 Bahan:
  1.  1 ekor ayam segar( yang masih utuh) agar ukurannya sesuai tidak terlalu besar/kecil  maka usahakan potong hingga 16 bagian.
  2. air matang  kurang lebih 700 ml
  3.  1 sendok teh  gula pasir
  4. 3 lembar daun salam
  5.  2 sendok teh garam
  6. 1/4 sendok teh  merica bubuk
  7.  3 sendok makan(secukupnya)minyak goreng untuk menumis bumbu.
Bumbu Halus:
  •  6 buah cabai merah.
  • 8 buah cabai merah keriting.
  • 10 butir bawang merah yang dudah dikupas
  •  4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh terasi,
  • 1 buah tomat
Proses Cara Membuat Masakan Ayam Bumbu bali pedas
sesudah semua bumbunya tersedia dan takarannya juga sudah diatur sedemikian rupa lalu tinggal sediakan alat berupa kompor dan juga wajan yang pakai untuk memasak.
Penjelasan:
  1.  Pertama tama panaskan minyak di atas wajan. lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan juga daun salam,tumis sampai harum.
  2.  masukkan ayam. Aduk bersama bumbu sampai berubah warnanya.
  3. Masukkan garam, bersama gula, dan juga merica. Lalu aduk rata.
  4.  lalu tambahkan air(matang) sesuai takaran.
  5.  Terakhir, tinggal dimasak lagi hingga matang dan bumbunya meresap serta menampilkan kuahnya yang kentalnya.
Pastikan dalam mempraktekkan masakan Resep Ayam Bumbu Bali Pedas dan Cara Membuatnya ini memakai bahan yang segar. Terutama daging ayam yang dipakai, usahakan yang baru potong dan dalam keadaan sehat.
Selamat mencoba . .
Semoga bermanfaat.


No comments