Resep Membuat Bolu Kukus Talas

resep-bolu-kukus-talas

 

Resep Membuat Bolu Kukus Talas

Bolu kukus ini merupakan kue yang bahan dasarnya  tepung ( pada umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu kukus dan cake lainnya umumnya dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun pada resep kali ini diolah dengan cara dikukus yang mirip saat kita membuat brownies kukus nih buntikAdapun cara pengolahannya yang pada umumnya memakai  alat mixer (pegocok kue) buat mengocok telur atau mentega dan  gula sampai mengembang.  Yang kemudian muncul gelembung udara di dalam adonannya  membuat kue menjadi empuk sesudah matang. Biasanya dibutuhkan  juga penambahan lemak nabati atau hewani yang berbentuk  mentega, margarin, santan, atau shortening ke dalam adonan untuk membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.
Hidangan kue bolu kukus talas ini merupakan hidangan yang enak dan lezat.
Nah, sajian kali ini tentunya akan begitu  cocok buat buntik  yang tengah menantikan mencicipi sajian enak yang begitu  mudah untuk dibuat.
Untuk itu, maka buntik  nggak perlu khawatir, sajian kue bolu kukus talas kali ini merupakan sajian enak yang mudah untuk dibuatnya. Bahan talas hanya perlu buntik  kukus dalam panci atau wadah yang anti panas hingga matang dan empuk secara merata. Sesudah  itu, baru angkat dan masukkan talas ke mesin blender untuk kemudian akan dihaluskan secara merata. Dari sini, talas akan bisa dicampur dan dibuat adonan kue bolu kukus.
Penasaran seperti apa sih resep membuat sajian kue bolu kukus talas yang empuk, maka simak langsung resepnya dibawah ini ya buntik.

Bahan-bahan :
  1. 10 kuning telur
  2. 3 putih telur
  3. 200 gram gula pasir
  4. 175 gram tepung terigu
  5. 150 ml santan dari ½ butir kelapa
  6. 200 gram talas(kukus,dihaluskan)
  7. ¼ sendok teh esens tales
  8. 2 tetes pewarna ungu

Cara membuat :

  • Kocok telur dan gula pasir hingga kaku dan putih
  • Masukkan tepung terigu,sambil diayak dan diaduk rata,sementara itu aduk santan,talas dan essens talas hingga rata.
  • Tuang campuran santan kedalam adonan ,aduk perlahan.Ambil 3 sendok sayur adonan masukkan pewarna ungu,aduk rata.
  • Tuang adonan putih ke tengah loyang bulat 20 cm yang dioles margarine dan dialas kertas. Lapisi dengan adonan ungu sedikit.Ulangi sampai adonan habis.
  • Kukus selama 30 menit ,angkat setelah dingin,dipotong-potong.sajikan

Selamat mencoba..

No comments