Resep Membuat Cibay Gurih dan Krenyes

 
resep-cibay-gurih-dan-krenyes

Resep Membuat Cibay Gurih dan Krenyes

Cibay?? Apakah itu?? Mungkin diantara  para buntik ada yang  baru mendengar cibay dan  pastinya bertanya apa itu cibay. Cibay adalah cemilan yang terbuat dari aci yang diolah bersama bumbu sampai matang, dibungkusnya  dengan kulit lumpia, bisa juga ditambahkan dengan tumisan ayam, sosis, atau potongan telur. Lalu digoreng. Rasanya diluar garing di dalam rasa kenyal-kenyal tapi nggak alot. Agak gimana-gimana gitu.

Buat para buntik yang tentunya pecinta kulineri ini ada Jajanan Aneh yang enak,dan  ini dia namanya CIBAY alias Aci Ngambay atau Aci Lebay.kaya jaman sekarang ya kekinian banget lebay ya buntik heehe,, Jajanan cibay ini khasnya anak  Garut dan Tasikmalaya (Tasik) Jawa Barat ini kini begitu digemari juga oleh para penikmat jajanan di kota kembang apalagi bila dimakan dengan cocolan abon cabe (bubuk cabe) yang level pedasnya bisa bikin ngabarabay (keluar air liur)sudah pastinya bikin seuhah banget buntik,,kebayang kan bun??

Cibay ini terbuatnya dari adonan Aci seperti biang cireng ini diberikan  tambahan suwiran ayam dan bumbu sederhana yang sudah  dibungkus menggunakan  kulit lumpia lalu digoreng sampai kulit lumpia garing (matang). Agar enaknya tambah nampol (enak banget) biasanya cibay ini  dimakan dengan cocolan abon cabe atau bubuk cabe.Nah kali ini saya akan membuat cibay gurih dan Krenyes buntik.

Bahan-bahan Cibay :

  1. 250 gr Tepung Kanji
  2. 200 gr Daging Ayam
  3. 4 gelas Air Putih
  4. 20 helai Kulit Lumpia
  5. 3 helai Daun Bawang
  6. 3 siung Bawang Putih
  7. 4 siung Bawang Merah
  8. 1/2 sdt Merica Bubuk
  9. Garam
  10.  Penyedap Rasa

Cara Membuat Cibay :

  • Rebuslah  daging ayam dengan menggunakan  air yang sudah ditambahkan dengan  garam secukupnya. Tunggu hingga  benar-benar matang. Setelah matang, suir-suir dagingnya.
  •  Iris-iris tipis daun bawang, bawang putih, dan bawang merah
  • Masukkan tepung kanji, irisan bawang-bawangan, daging ayam, air putih, merica, garam, dan penyedap rasa (ukuran sesuai selera) ke dalam panci yang  berukuran sedang. Aduk hingga tidak ada lagi  adonan yang menggumpal.
  • Panaskan adonan diatas api kecil. Aduk terus-menerus hingga adonan mengental dan nampak bening. Aduk rata, jangan sampai adonan menggumpal.bila  adonannya  mengeras, bisa tambahkan air sedikit demi sedikit. Angkat jika adonan dirasa telah  teraduk rata.

Selamat Mencoba buntik...

No comments